fbpx

Inilah Cara Praktis Untuk Menentukan Warna Undertonemu!

Makeup merupakan riasan pada wajah yang digunakan oleh kaum hawa untuk mempercantik diri. Meski sudah banyak berbagai cara maupun tutorial untuk menggunakan makeup dari yang natural hingga yang glamour, masih banyak yang kesulitan karena belum bisa mencocokkan warna kulit dengan base foundation maupun bentuk wajah yang berbeda-beda.

Makeup juga harus dicocokan dengan tone kulit wajah, karena kalau tidak sesuai, makeup akan terlihat cakey atau bisa dibilang menor. Ada berbagai cara untuk menentukan tone kulit wajahmu agar saat ber-makeup bisa sesuai dengan tone kulit wajahmu. Makeup yang sesuai dengan tone wajah akan membuat warna kulit wajah menjadi sempurna, maka dari itu diperlukan cara-cara untuk mencocokan warna wajah dengan base makeup yang digunakan agar hasil makeup tidak mengecewakan.

Skin tone dipengaruhi oleh pigmen melanin pada tubuh, yang membuat tiap kandungannya berbeda beda pada setiap orang. Meski begitu Undertone berbeda dengan warna kulit, karena itu kamu harus menyesuaikan tipe warna yang sesuai dengan Undertone mu!

Berikut cara praktis untuk menentukan warna Undertone mu!

1. Cek jenis Skin tone kamu

Untuk mengecek warna undertone, kamu bisa melihat warna pembuluh darah atau nadi di pergelangan tangan. Untuk tone kulit warm, kamu bisa mencoba foundation dengan warna Yellow atau Peach Based. Sedangkan, untuk tone kulit cool, kamu bisa mencoba foundation dengan warna Neutral atau Pink Based. Lalu ada tone kulit netral yang diantara warna nadinya adalah hijau dan biru dengan base warna Pink.

Bisa kamu perhatikan chart diatas, dan sesuaikan dengan warna tone kulit kamu. Dengan menggunakan base makeup yang sesuai dengan warna tone kulit, maka untuk mengaplikasikan makeup akan lebih sempurna.

2. Cek warna perhiasan yang cocok dengan warna kulitmu

Kamu bisa mengecek melalui perhiasan lho! Caranya adalah pilih kategori perhiasan yang ingin kamu gunakan, pilih warna emas atau perak. Jika warna emas cenderung membuat warna kulitmu lebih cerah, kamu memiliki tipe tone yang warm, sama halnya jika kamu menggunakan emas berwarna perak dan membuat kulitmu lebih fresh maka kamu memiliki tipe tone yang cool. Jika kamu merasa cocok dengan keduanya, gunakan keduanya secara sejajar dan perhatikan mana yang memberikan tampilan lebih menarik.

3. Gunakan pakaian dengan warna dasar

Gunakan pakaian dengan warna putih gading, coklat, dan hitam. Kamu bisa mengetes dengan pakaian dengan warna dasar ini, kalau kamu menggunakan warna putih gading dan hasilnya lebih cocok maka kamu tergolong cool, sama halnya jika kamu menggunakan warna coklat atau hitam maka kamu tergolong warm, namun jika kamu cocok dengan keduanya maka kamu tergolong netral.

4. Gunakan kertas putih atau handuk berwarna putih

Kamu juga bisa menggunakan kertas HVS putih atau handuk berwarna putih lalu tempel kan ke area dada atau lehermu. Jika kulitmu cenderung bercahaya maka kamu memiliki tipe undertone yang cool, namun jika kulitmu cenderung kusam (dull) maka kamu tergolong memiliki undertone yang warm.

 

Bagaimana? Apakah sudah ada gambaran untuk mengecek warna tone kulitmu sendiri? Jangan khawatir bila belum menemukannya, apalagi kalau saat ini kamu membutuhkan jasa Makeup Artist (MUA) untuk mengisi berbagai acara, kamu bisa menggunakan potongan voucher HelloBeauty di Ultra Voucher! Tertarik untuk mencobanya? Langsung install aplikasi Ultra Voucher dan temukan berbagai kemudahan dalam satu aplikasi!