fbpx

Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis Yang Elegan

Rumah merupakan tempat tinggal yang istimewa karena rumah adalah tempat kita berpulang setelah kita melakukan aktivitas di luar rumah. Rumah sudah kita jadikan teman hidup karena di rumah lah kita tumbuh besar dari kecil hingga dewasa. Tetapi, kita juga harus merawat dengan baik tempat tinggal kita, karena akan membuat kita nyaman untuk tetap tinggal disana.

Namun ada permasalahan dengan kondisi rumah yang tidak terawat ataupun dengan kondisi yang berantakan. Rumah yang terlihat berantakan akan membuat penghuninya tidak nyaman dan mengundang berbagai penyakit, lho. Kita harus selalu merawat dan menata rumah senyaman mungkin, agar kelak bisa digunakan untuk tempat peristirahatan yang semakin nyaman.

Inspirasi desain interior untuk rumah gaya minimalis yang elegan

Ketika ada waktu luang dan bingung mau ngapain di rumah lalu ada keinginan untuk mendekor rumah dengan aksesoris-aksesoris lucu dan unik atau bisa juga di mix agar tetap terkesan elegan. Kamu bisa lho merubah rumah kamu menjadi tampak minimalis hanya dengan memanfaatkan pola warna dan juga furnitur yang di buat sesimpel mungkin. Bisa nih dicoba beberapa tips ini buat kamu yang ingin mendekor rumah hunian yang minimalis, namun ruangan nya tidak tertata, kamu bisa contoh beberapa gambar yang bisa dijadikan inspirasi ini, cek yuk!

1. Ruang Tamu

Do's

credit photo : unsplash

– Gunakan warna dasar yang netral (putih, abu-abu, coklat muda, putih gading) Karena akan membuat nuansa latar belakang yang lembut dengan paduan yang sempurna

– Untuk ruang keluarga yang terbatas, gunakan side table untuk mengganti kehadiran meja yang terlalu besar.

– Jangan lupa untuk menyesuaikan barang-barang yang digunakan, untuk dekorasi, gunakan tanaman hias yang bisa bertahan didalam ruangan agar suasana lebih segar (kamu bisa gunakan bunga anthurium dengan memanfaatkan jar bekas, kaktus mini, bunga lidah mertua, atau bunga lavender)

– Gunakan pencahayaan yang tepat. Perlu diingat bahwa pencahayaan sangat penting untuk mendukung gaya rumah yang elegan. Jangan gunakan terlalu banyak cahaya, sebaliknya gunakan satu sumber cahaya. Akan lebih baik bila ruang tamu memiliki satu jendela lebar untuk mendukung cahaya secara alami.

Don'ts:

credit photo : shutterstock

– Jangan asal pilih furniture! Kamu harus memperhatikan desain furniture yang sesuai dengan warna dasar ruangan tersebut lho! Jangan memaksakan untuk menggunakan furniture sofa dengan bentuk L jika ruangan dirasa terlalu kecil malahan itu akan menyebabkan ruangan terasa sempit.

– Jangan terlalu banyak aksesoris. Rumah dasarnya memiliki aksesoris yang dipasang oleh pemilik mereka. Pemilik pasti nya akan dengan senang hati menampilkan aksesoris yang mereka sukai. Namun, terlalu banyak aksesoris justru akan memperlihatkan rumah yang terlalu ramai, itulah yang kadang membuat rumah minimalis terlihat tidak teratur.

– Jangan menggunakan terlalu banyak bantal sofa. Diruang tamu, menggunakan bantal sofa akan membuat siapapun nyaman untuk beristirahat. Namun kamu harus memperhatikan banyak atau tidak nya bantal sofa tersebut agar bisa menyisakan ruang yang lebih tertata, setidaknya kamu tidak terlalu lelah untuk menyusun ulang jika bantal tersebut berantakan.

2. Dapur

Do's:

credit photo : unsplash

– Gunakan interior dengan berbahan dasar marmer, padukan dengan kitchen set yang akan menampilkan sisi elegan. Dapur merupakan titik crucial dalam desain interior rumah karena dapur merupakan tempat kegiatan masak memasak, yang pastinya akan membuat ruangan menjadi berantakan. Kamu harus memperhatikan dominasi warna yang netral seperti warna abu-abu (Warna abu-abu menampilkan kesan modern) atau warna putih lalu padukan dengan marmer yang bisa disesuaikan.

Don'ts:

credit photo : doc google

– Jangan menggunakan meja makan yang terlalu besar. Kamu harus menyesuaikan jumlah anggota keluarga. Jika memiliki ruang dapur yang kecil, usahakan untuk tidak menggunakan meja makan. Kamu bisa menggunakan bar atau meja yang sesuai dengan kitchen set sehingga bisa menghemat luas ruangan. Bar table akan menyesuaikan posisi yang mungil namun memiliki sentuhan modern.

-Gunakan rak tertutup atau cabinet, terutama untuk meletakan peralatan memasak. Jangan biarkan peralatan makan dan memasak di letakan di rak luar karena akan membuat dapur terlihat berantakan

3. Kamar tidur

Do's:

credit photo : unsplash

– Banyak permasalahan yang menjadi problematika kenyamanan kamar tidur. Salah satunya adalah ruangan sempit untuk dijadikan kamar tidur. Tenang saja sobat Ultranian, kamu bisa menggunakan lemari, atau drawer yang bisa di kustomisasi sesuka hati. tempatkan kasur tidur berukuran single (jika kamu tinggal sendiri), lalu gunakan drawer untuk tempat storage yang cukup untuk menata pakaian kamu agar lebih rapi. Untuk menampilkan kesan yang cozy, gunakan lantai kayu dan tembok dengan warna dasar putih.

Don'ts: 

credit photo : shutterstock

– Jangan susun furniture berukuran besar bersebelahan dengan kasur karena akan membuat kamar terasa sumpek. Sebaliknya gunakan furnitur yang ditata memanjang. Letakkan lemari pakaian yang pendek memanjang atau dressers sehingga bisa kamu gunakan untuk meletakkan barang pribadi mu diatasnya.

– Jangan menaruh barang seperti buku-buku dan aksesoris kamar lainnya terlalu banyak di kamar tidur. Sebaiknya taruh buku di rak buku ukuran kecil dan taruh aksesoris kamar seperti boneka di tepi kasur atau alat elektronik di meja belajar agar kamar tidur bisa terlihat rapi dan bersih.

4. Kamar mandi

Do's: 

credit photo : shutterstock

– Kamar mandi yang kecil bisa kamu sesuaikan agar lantai nya selalu kering, gunakan ubin yang berjenis koral karena tekstur nya yang kasar dan kesat membuat kamar mandi tidak mudah licin sehingga aman untuk digunakkan.

– Gunakkan wastafel yang tergabung dalam kabinet sehingga menghemat penempatan

– Gunakan kabinet di antara sekat kamar mandi untuk menyimpan handuk, pakaian dalam, stock sabun mandi, shampoo dan juga pasta gigi. Gunakan warna yang menampilkan kesan elegan seperti coklat, putih atau hitam.

– Gunakan wall art seperti lukisan atau poster untuk memperindah kamar mandi mu, atau bisa taruh tanaman kecil di kabinet sebelah wastafel atau di pojok ruangan dengan tanaman yang besar agar kamar mandi terlihat fresh.

Don'ts: 

credit photo : shutterstock

– Jangan taruh barang terlalu banyak di kabinet karena akan terlihat sumpek dan tidak enak dipandang.

– Jangan menaruh barang elektronik di dekat wastafel atau yang berdekatan dengan aliran air. Karena akan sangat berbahaya jika kabel yang dialiri listrik terkena air.

– Untuk kamar mandi terlihat rapi, jangan menaruh baju kotor di lantai. Gunakan keranjang baju untuk menaruh baju kotor.

– Usahakan untuk tidak menggunakan ember dan gayung karena kita bisa menghemat air dengan menggunakan shower. Selain menghemat air dan tempat, menggunakan shower juga membantu kita untuk terhindar dari kelembaban dan juga jentik nyamuk.

– Untuk terhindar dari kelembaban, gunakan jendela kecil yang dipasang diatas tembok. Hal itu juga akan membantu pencahayaan kamar mandi menjadi lebih baik.

Gimana? Sudah ada inspirasi untuk renovasi/mendekor ulang rumah kamu? Untuk mencari barang-barang untuk dekor rumah, kamu bisa ke ACE Hardware. ACE Hardware menyediakan perlengkapan rumah terlengkap se-Indonesia. Kamu bisa lho, dapetin barang ACE Hardware dengan harga murah dengan menggunakan voucher ACE Hardware, dan voucher yang dijual pun juga murah banget! Download aplikasi Ultra Voucher, dan dapatkan voucher ACE Hardware hanya di Ultra Voucher.