6 Cara Menata Ruang Kantor dengan Hasil yang Nyaman
Banyak faktor yang membuat suasana kerja menjadi nyaman saat berada di kantor. Salah satunya adalah dengan cara menyiapkan dan menata ruang kerja di kantor dengan nyaman.
Tak jarang, berbagai kantor menyiapkan hal-hal teknis atau bahkan menyewa jasa desain interior profesional untuk menata ruang kantor.
Namun, dibalik semua terdapat beberapa hal sederhana yang bisa membuat ruangan kantor menjadi lebih terasa nyaman. Apa saja ya?
1. Kantor yang Nyaman
Faktor pertama adalah kantor yang nyaman. Hal seperti ini tidak perlu dibalut dengan berbagai perlengkapan furniture yang minilais, perangkat komputer dengan spesifikasi tinggi dan lain-lain.
Namun, kantor yang nyaman akan tercipta dengan komunikasi yang baik dari seluruh penghuni kantor. Kalau cara berkomunikasinya tepat, semua urusan bisa jadi lebih dimudahkan.
Bahkan, pekerjaan bisa jadi lebih produktif. Suasana yang nyaman ini tentunya perlu dibangun dengan kerjasama tim yang kuat. Sehingga semua yang bekerja memang benar-benar menjadi terasa sangat nyaman.
2. Penggunaan Furniture yang Tepat
Kalau sudah bekerja di kantor atau diharuskan datang ke kantor, tentunya membutuhkan perlengkapan pendukung kinerja.
Cara ini bertujuan untuk mendukung siapa saja yang bekerja di dalam ruangan tersebut memang bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk mendukung kinerja mereka.
Nah, pemilihan furniture pun tidak bisa sembarangan. Cara yang paling sederhana adalah penggunaan kursi kantor yang ergonomis. Ditambah, siapkan juga pilihan meja yang panjang agar bisa digunakan oleh 3 atau 4 orang ketika bekerja.
3. Pilih Komposisi Warna Seimbang
Rata-rata beberapa kantor mencoba menghadirkan suasana “kegembiraan” atau “meriah” di dalam ruangan kantornya. Di satu sisi, hal ini memang bisa membantu membuat suasana di kantor menjadi terasa lebih nyaman.
Namun, pastikan pemilihan warna yang tepat. Kobminasi warna ini harus memperhatikan banyak hal. Mulai dari ciri khas perusahaan atau tujuan dari perusahaan tersebut.
Satu hal yang pasti suasana kantor dibangun dengan suasana “fun” sehingga memang membuat siapa saja menjadi sangat terasa nyaman ketika berada di dalam.
4. Pembagian Ruangan
Faktor berikutnya adalah bagaimana kemampuan menata pembagian ruangan dengan baik. Pastikan ada berapa divisi yang bekerja did alam kantor. Lakukan koodinasi terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa besar pembagian ruangan dilakukan.
Pastikan jaraknya juga tepat dan tidak asal-asalan diterapkan. Jangan sampai hal-hal yang sesederhana ini tidak dilakukan ketika menata ruangan kantor.
5. Siapkan Ruangan Sendiri
Beberapa kantor dengan konsep co-working space memang menyiapkan satu ruangan khusus yang hanya bisa ditempati 1 hingga 2 orang.
Ruangan ini setidaknya perlu disiapkan agar seseorang bisa bekerja dengan fokus. Apalagi, beberapa orang memang membutuhkan fokusnya tersendiri, dan terhindar dari keriuhan yang tidak perlu dan gangguan dari orang lain.
6.Hindari Hiasan yang Berlebihan
Cara menata ruangan kantor dengan nyaman berikutnya adalah penggunaan hiasan yang berlebihan. Memang benar, sebuah interior butuh pelengkap-pelengkap agar membuat tampilan menjadi lebih baik.
Nah, pastikan ruangan kantor tersebut memang tidak terlalu banyak hiasan yang berlebihan. Tujuannya adalah suasana kantor tidak terlalu penuh dengan hiasan yang tidak perlu. Sehingga kenyamanan siapa pun yang bekerja menjadi lebih baik.
Sedang cari perlengkapan untuk menata kantor? Kamu bisa temukan beberapa perlengkapannya di Informa dan pastikan untuk mendapatkan promo spesial hanya dengan voucher digital Informa yang tersedia di aplikasi Ultra Voucher.
Baca juga: Rumah Cantik dan Hangat dengan 7 Tren Warna Rumah di Tahun 2023
Jadi, tak perlu ragu lagi. Sekarang kamu bisa unduh aplikasi Ultra Voucher yang tersedia gratis di App Store dan Google Play Store untuk mendapatkan perlengkapan atau furniture kantor.