Skip links
cara-dan-conton-memilih-sayuran-yang-baik-dan-aman-dikonsumsi

5 Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Aman untuk Dikonsumsi

Mudah dipilih, namun masih kerap diabaikan oleh masyarakat. Cara memilih sayuran yang baik  memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Apalagi, jika sayuran dikonsumsi untuk mendapatkan tubuh yang sehati dan kuat.

Karena pentingnya manfaat sayuran bagi tubuh, maka dibutuhkan cara-cara khusus untuk memilih sayuran yang tepat sebelum dibeli dan dikonsumsi. Apa saja ya?

Baca juga: 5 Sayuran Ini Efektif Membantu Menurunkan Berat Badan

Baca juga: 4 Tips Sederhana Memilih Buah yang Segar untuk Dikonsumsi

1. Melihat Warna Sayuran

cara-dan-conton-memilih-sayuran-yang-baik-dan-aman-dikonsumsi

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah melihat warna sayuran yang tepat untuk dikonsumsi. Setiap warna sayur memang jelas berbeda. Namun, untuk memastikan apakah sayuran tersebut baik untuk dikonsumsi tubuh, artinya, warna sayuran bisa menjadi penanda kualitas, apakah sayuran tersebut baik untuk dikonsumsi atau tidak.

Jika sayuran tersebut masih berwarna cerah, maka sayuran tersebut bisa jadi pilihan untuk dibeli dan dikonsumsi. Namun, jika warnanya terlihat berubah atau pucat, maka sebaiknya jangan dibeli atau dikonsumsi. Karena ada beberapa kecenderungan sayuran tersebut sudah terlalu lama atau sudah tidak segar lagi.

2. Sayuran Tidak Keriput

cara-dan-conton-memilih-sayuran-yang-baik-dan-aman-dikonsumsi

Cara memilih sayuran yang baik berikut adalah memastikan dari bentuknya. Jika sayuran sudah terlihat keriput, maka jangan dibeli atau dikonsumsi. Namun, jika bentuknya masih kuat dan tidak layu, maka wajib buat kamu untuk membelinya.

Biasanya untuk menandakan sayuran tersebut sudah keriput atau tidak, bisa dilihat dari jenis-jenis sayurannya. Mulai dari wortel, lobak, bawang hingga kentang adalah beberapa jenis sayuran yagn jika keriput, maka tidak layak untuk dikonsumsil.

Sebaliknya jika tidak keriput, maka sayuran tersebut masih segar dan layak dibeli serta dikonsumsi.

3. Faktor Tekstur dan Baunya

cara-dan-conton-memilih-sayuran-yang-baik-dan-aman-dikonsumsiJika sayuran lembek dan teksturnya tidak seperti sayur segar, maka sebaiknya hindari. Dikonsumsi pun tidak akan memberikan nutrisinya. Selain tekstur cium juga bau sayur tersebut.

Selain karena  bentuknya, cara memilih sayuran yang tepat berikutnya adalah melihatnya dari sisi baunya. Jika terlihat apek, maka sayuran tersebut tidak tepat untuk dibeli. Namun, jika sayur tersebut menghadirkan aroma yang sedap, maka disarankan untuk memilih sayuran tersebut.

Tujuannya adalah agar sayuran tersebut layak dikonsumsi untuk tubuh dan memberikan susan vitamin yang baik bagi tubuh.

4. Pilih Sayuran yang Belum Dibersihkan

cara-dan-conton-memilih-sayuran-yang-baik-dan-aman-dikonsumsi

Langkah berikutnya, pastikan untuk memilih sayuran yang belum dibersihkan sebelumnya. Hal ini terjadi karena sayuran yang punya kandungan yang baik adalah sayuran yang belum dibersihkan. Ciri-ciri yang mudah dikenali adalah sayuran tersebut masih memiliki akar dan masih terlihat kotor.

Sayuran ini kemudian bisa kamu bersihkan di rumah atau dimasak langsung dengan berbagai cara. Jadi, jangan merasa enh ya melihat sayuran yang masih kotor, karena sayuran tersebut memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

5. Beli di saat Masih Segar

Terakhir, pastikan untuk membeli sayuran di saat pagi atau saat sayuran masih segar.  Hal ini untuk memastikan agar sayur tersebut melihat warna sayuran bau tekstur dan bentuknya masih hadir dalam kondisi yang terbaik.

Biasnaya, jika dibeli saat siang hari, maka sayuran tersebut sudah layu dan kamu akan menemukan ciri -ciri lainnya yang tidak layak untuk dikonsumsi. Beberapa diantaranya sudah layu, teksturnya tidak sempurna dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Download aplikasi Ultra Voucher yang tersedia gratis di App Store dan Google Play Store untuk semua konsumsi buah-buahan atau sayuran yang kamu inginkan melalui merchant Segari.

Dengan mengakses situs ini, Anda telah menyetujui penggunaan cookies dari kami.
By visiting this site, you have agreed the using of cookies.
Belanja Diskon 45%
Belanja Diskon 45%